BERITA

STMIK AMIKOM Yogyakarta Menjadi Perguruan Tinggi Terbaik Se-Indonesia Versi Webometrics

31 Juli 2009. Diposting oleh jay

A PHP Error was encountered

Sebagai perguran tinggi komputer yang memiliki visi “Menjadi Perguran Tinggi Komputer Terbaik Di Asia Tenggara” STMIK AMIKOM Yogyakarta sedikit demi sedikit telah menunjukkan keberhasilan dalam pencapaian visinya. Sebelumnya berbagai penghargaaan kelas dunia telah diraih STMIK AMIKOM Yogyakarta dengan berbagai hasil karya putra-puterinya. Kali ini sebuah lembaga yang melakukan perangkingan universitas-universitas, memasukkan STMIK AMIKOM Yogyakarta sebagai perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi Webometrics yang di rilis pada Juli 2009.

Webometrics ini adalah sebuah peluang menarik bagi universitas-universitas di negara berkembang bisa menikmati rangking universitas dunia. Kuncinya adalah bagaimana universitas bisa memperbanyak konten (scientific paper) yang dishare ke publik, diindeks di mesin pencari, dan sedikit kepintaran universitas memainkan Search Engine Optimization (SEO) untuk mengarahkan mesin pencari ke situs universitas. romisatriawahono.net

Penilaian Webometrics berdasarkan empat hal :

  • Visibility (50%): Jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain  (inlink), yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil-hasilnya dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan untuk menghasilkan peringkat.
  • Size (20%): Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan (excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasi tersebut.
  • Rich Files (15%):  Volume file yang ada di situs Universitas dimana format file yang dinilai layak masuk di penilaian (berdasarkan uji relevansi dengan aktivitas akademis dan publikasi) adalah: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt). Data-data ini diambil menggunakan Google dan digabungkan hasil-hasilnya untuk setiap jenis berkas.
  • Scholar (15%): Google Scholar menyediakan sejumlah tulisan-tulisan ilmiah (scientific paper) dan kutipan-kutipan (citation) dalam dunia akademik. Data Sc ini diambil dari Google Scholar yang menyajikan tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan akademis lainnya.

romisatriawahono.net

Dari keempat hal tersebut di atas STMIK AMIKOM Yogyakarta mendapatkan peringkat 5900 dunia dan satu-satunya sekolah tinggi Indonesia yang masuk ke Webometrics. Bahkan jika di kelompokkan dengan seluruh perguruan tinggi STMIK AMIKOM Yogyakrta di atas beberapa universitas swasta besar dan bahkan universitas negeri di Indonesia.

Pencapaian ini merupakan kerja keras bersama seluruh keluarga STMIK AMIKOM Yogyakarta, baik itu mahasiswa, dosen dan karyawan. Kita sangat yakin jika kita bersama semakin bekerja lebih baik maka visi  “Menjadi Perguran Tinggi Komputer Terbaik Di Asia Tenggara” akan teraih. MaSuk

Bookmark and Share Download berita PDF