BERITA

Dialog Nasional Korupsi di Mata Pemuka Agama

21 Maret 2009. Diposting oleh jay

Seminar tentang korupsi sering diadakan, bahkan slogan slogan anti korupsi sudah sangat sering ditemui di mana mana, namun bagaimanakan sebenarnya korupsi dipandang dari sudut pandang agama? Dan bagaimana pemuka agama menjelasakan hukum korupsi dari sudut pandang agama masing masing dan sepakat bahwa korupsi adalah masalah seluruh umat beragama? Hingga seberapa penting kewajiban kita sebagai umat beragama untuk meyakininya sebagai perbuatan dosa?  BEM ( Badan Eksekutif Mahasiswa ) STMIK AMIKOM Yogyakarta berusaha menjawab pertanyaan tersebut dengan menghadirkan KPK dan perwakilan tiga unsur agama yang ada di AMIKOM dengan mengemas acara tersebut dalam sebuah dialog nasional dengan tajuk “ Korupsi di Mata Pemuka Agama”.

 

Acara yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini berlangsung di Aula dengan dihadiri mahasiswa baik intern AMIKOM maupun mahasiswa luar. Sebagai pembicara Bapak Insan Fahri perwakilan dari KPK Pusat yang menjelasakan gambaran permasalahan korupsi yang ada di Indonesia. Sedangkan pembicara lainnya adalah perwakilan dari tiga agama dimana terdapat penganutnya di AMIKOM, Bapak Chalid Mahmud, M.T memjawab hukum Korupsi dari sudut pandang agama Islam, Dr. Puttu Surya Dharma ( Hindu ) dan Hadyan Tanwikara ( Kristen ).

 

Acara dialog yang didukung oleh UKI, IKNA, KMHD ini  berlangsung dengan sangat dinamis ketika peserta dengan antusias memberikan pertanyaan terhadap permasalahan seputar korupsi ditinjau dari sudut pandang agama. Rupanya peserta ingin benar benar memahami definisi korupsi, upaya pencegahan dan fenomena yang ada di kehidupan beragama. Hingga akhirnya peserta dialog yang terdiri dari beda agama sepakat dan saling memahami bahwa korupsi bukan masalah satu agama saja. Namun sebagai umat beragama sudah seharusnya untuk turut memberantas korupsi. Mulai dari diri sendiri dan mulai sekarang juga./chend

 

Bookmark and Share Download berita PDF